Sabtu, 12 Januari 2019

Komunikasi Sinkron & Asinkron

A.Komunikasi Sinkron
   
       Pengertian
  • Komunikasi Sinkron merupakan komunikasi yang dilaksanakan secara langsung (daring) dalam waktu yang sama.
  • Komunikasi serempak atau sinkron adalah penggunaan komputer untuk berkomunikasi dengan individu lainnya pada waktu yang sama melalui bantuan perangkat lunak. Salah satu contoh dari komunikasi langsung adalah text chat, video chat, video conference, dan lain-lain.
Lalu,macam-macam komunikasi Sinkron yaitu:

 Komunikasi Sinkron chat
Komunikasi sinkron chat yaitu turunan dari komunikasi yang dikerjakan menurut tulisan. Komunikasi ini memakai sebuah platform yang mempersiapkan aplikasi komunikasi berwujud percakapan ringkas seperti Short Massage Service (SMS), Facebook Chat, Line Chat, WA Chat, DLL. Komunikasi chat ini mempunyai sejumlah kelemahan semacam tidak bisa mendengar suara, tidak menampilkan ekspresi serta tidak dapat memperlihatkan lawan bicara secara langsung.
Komunikasi Sinkron Video Call
Komunikasi sinkron video call yaitu komunikasi tatap muka jarak jauh yang diciptakan untuk mempergampang orang-orang yang ingin berkontak secara sinkron dan bertatap muka sekalipun jangka antar keduanya sama-sama berjauhan. Video call sangat disenangi oleh masyarakat sebab fungsinya yang sangat canggih dan bisa melepaskan rindu serta memberikan bentuk ekspresi wajah secara nyata ketika berkomunikasi.
Komunikasi Sinkron Telephone
Komunikasi sinkron yang satu ini yaitu jenis komunikasi yang hanya membagikan suara, tidak bisa mengirim pesan serta video maupun gambar. Komunikasi ini kebanyakan kita temui saat seseorang lagi berkomunikasi memakai radio, handy talky maupun telephone. Meskipun begitu, saat ini banyak sekali aplikasi yang menyuguhkan 3 jenis komunikasi sekaligus, yakni Chat, video, dan telephone.

B.Komunikasi Asinkron
  • Komunikasi Asinkron merupakan komunikasi daring yang terhubung secara tidak langsung / berbeda waktunya. Misalnya seseorang mengirim pesan namun oleh penerimanya tidak dibuka pada saat itu juga tapi baru dibuka di kemudian hari.
  • Komunikasi daring asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan jaringan internet yang dilakukan secara tunda.
Selanjutnya,macam-macam Komunikasi Asinkron yaitu:

 Komunikasi Asinkron chat
Sesuai namanya, komunikasi asinkron yaitu komunikasi yang memakai komputer, handphone maupun smartphone yang komunikasinya dilakukan secara tunda atau tidak langsung. Asinkron memakai e-mail chat, forum chat maupun platform aplikasi lain menjadi supporter dari komunikasi ini lho.
 Komunikasi Asinkron Video
Komunikasi asinkron video yaitu lawan dari video call yang merupakan jenis komunikasi sinkron. Komunikasi video Asinkron ini memakai rekaman video buat berkomunikasi kepada seorang, dengan maksud agar orang yang menerima video yang di maksud bisa mengerti apa yang ingin diberitahu oleh si pengirim video.Biasanya, komunikasi ini sering dilakukan untuk membagikan informasi seperti video testimoni, video ucapan terima kasih jarak jauh, dan lainnya.

Sekian untuk sedikit ilmu hari ini. Semoga bermanfaat,readers^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar